Coding itu Menyenangkan Walaupun Rumit

Posted on

Banyak orang menganggap coding sebagai pemrograman, padahal coding merupakan salah satu dari langkah-langkah pemrograman. Coding adalah menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemrograman baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk program.

Untuk coding kita harus mengikuti sintaks-sintaks yang berlaku dibahasa program yang kita pilih. Sedangkan sintaks sendiri adalah aturan bahasa pemograman. Bahasa pemograman memiliki tata bahasa sendiri, sama seperti bahasa manusia. Akan tetapi, komputer tidak bisa memaafkan seandainya kita menggunakn aturan tersebut dengan tidak benar. Jika sintaks yang kita masukkan tidak sesuai maka program pun tidak akan jalan.

Melakukan coding memang tidak mudah, walaupun kelihatannya hanya menterjemahkan dari pseudocode atau algoritma yang telah dibuat. Tetapi keterampilan untuk coding bisa diasah dengan cara rajin berlatih coding juga bersabar walaupun seringkali mengalami syntax error. Sebelum coding tentunya kita harus memahami algoritma dari program apa yang ingin kita buat.

Coding itu susah-susah gampang, kalau kita baru memulai untuk coding, tentu akan terasa sangat berat. Karena sedikit-sedikit salah, sedikit-sedikit syntax error, atau syntax tidak terdefinisi. Hal tersebut sering membuat kita patah semangat dan akhirnya menyerah untuk tidak melanjutkan pembuatan program tesebut. Padahal hal tersebut sangatlah tidak baik. Jika kita menemui hal tersebut kita sebaiknya bertanya pada orang lain yang lebih berpengalaman mengenai coding atau kita melihat-lihat referensi di buku mengenai syntax yang benar.

Jangankan coding, menulis algoritma pun membutuhkan keterampilan juga daya imajinasi yang kuat. Membuat program itu bagai seni, algoritma adalah polanya, sedangkan coding itu pengaplikasian ke dunia nyata dari pola algoritma tersebut. Jadi jika kita sudah bisa menikmati coding atau sudah dapat ’feel’ nya coding, tentu coding akan terasa sangat menyenangkan.

Kita harus bisa membayangkan program apa yang akan kita buat. Lalu menyususun tiap-tiap operasinya. Tetapi jika kita sudah menguasai pembuatan algoritma, pekerjaan ini sangatlah menyenangkan. Karena mebuat algoritma ini sifatnya bebas, yang perlu kita capai adalah tujuan dari program tersebut dibuat. Sedangkan bagaimana tahap-tahapnya sehingga menjadi program yang sesuai bebas. Kita tidak dituntut untuk menggunakan cara tertentu agar mendapat final state tertentu. Karena kebebasan inilah yang membuat algoritma ini menyenangkan, jika kita telah mendapat ’feel’nya.

Jika dipikir-pikir, seringkali program atau operasi yang ingin dilakukan sudah terbayang dikepala, tapi ketika ingin menuliskannya di bahasa program, banyak hal yang mengganjal, entah harus ditulis bagaimana? Atau syntaxnya bagaimana?, bahkan ketika kita tahu jelas syntax nya seharusnya seperti apa, ketika di run ternyata syntax error. Padahal kita sudah merasa syntax yang kita tulis sudah benar, sudah sesuai.

Tapi berbeda juga dengan orang yang sudah terbiasa coding. Mereka dengan mudahnya menterjemahkan algoritma yang ada ke dalam bahasa program. Mereka dengan cepat membayangkan dam memutuskan syntax apa yang mereka perlukan, dan mereka pun akan bilang, ”Coding itu asik lho!, kalau udah bisa jadi ketagihan lho, misalnya ada program yang mau dibuat, nah kita tuh malah bakal keasikan coding program tersebut sampai lupa waktu malah”.

Mendengar hal tersebut saya juga merasa memang ada benarnya, kalu sudah bisa, bisa ketagihan. Karena saya membayangkan coding seperti membuat algoritma. Karena bagi saya algoritma lebih sederhana dibandingkan coding. Yahap-tahap operasi untuk membuat algoritma menjadi suatu program bebas, terserah kita, tidak ada aturan khusus agar tahapnya harus terurut seperti yang ditentukan. Asalkan tujuan yang dimaksud tercapai, mau menggunakan tahap operasi apapun boleh. Sedikit banyak saya menguasai pembuatan algoritma, karena itu saya sangat menyenangi pembuatan algoritma. Rasanya  menyenangkan kalau bisa, karena sifat bebasnya itu. Mau membuat apapun bisa. Jika algoritma dibuat dari rancangan awal yang hanya berisi program apa yang kita inginkan. Sedangkan coding adalah membuat program yang berasal dari algoritma. Nah hal itu yang menjadi acuan saya terhadap coding. Kalau sudah menguasai, tentu menyenangkan. Bahkan lebih menyenangkan daripada membuat algoritma, karena coding langsung bisa kita lihat hasilnya saat di run.

Ternyata coding itu bisa kita pelajari juga, walaupun memang tidak mudah. Memang perlu latihan yang keras agar coding itu dapat dengan mudah kita lakukan. Kita perlu banyak bertanya pada orang yang lebih berpengalaman coding, membaca referensi. Jika kita rajin berlatih dan sabar maka kegiatan coding pun tidak akan serumit saat kita masih awal mengetahui bagaimana cara untuk coding.

Sebelum mulai coding, kita juga perlu tahu bagaiamana bahasa pemrograman yang ingin kita pakai itu bekerja, syntax-syntax seperti apa yang diterapkan oleh bahasa tersebut. Hal tesebut perlu kita ketahui agar kita tidak terlalu kaget saat melakukan coding. Karena mau bagaimanapun juga coding membutuhkan pemikiran yang cukup ekstra, walaupun ia adalah seorang yang sudah berpengalaman dalam coding. Salah satu contoh hal yang perlu kita persiapkan juga sebelum coding adalah mengetahui benar bagaimana aturan sintaks suatu bahasa program yang ingin kita pakai. Misalnnya saja kita gunakan bahasa java. Sebelumnya kita perlu mengetahui bagaimana konsep syntax bahasa java tersebut. Agar sedikit beban untuk coding berkurang karena hal tidak mengerti sama sekali sintaksnya.

9 thoughts on “Coding itu Menyenangkan Walaupun Rumit

    ajatbdg said:
    March 21, 2011 at 8:31 am

    artikel yang bagus gan, cukup membangkitkan gairah untuk ngoding lagi. salam kenal ya..

      tiapop responded:
      March 25, 2011 at 1:25 pm

      iia salam kena; jg🙂
      Mmm, tapi walaupun begitu, tetep aja ane masih mengalami kesulitan saat coding. Masih kurang jam terbang nih :p ..
      btw informatika jg ?🙂

        benk2 said:
        June 28, 2011 at 4:15 am

        bagi2 trik buat coding yg bnar jg donk

        tiapop responded:
        July 12, 2011 at 5:02 am

        Mmm,, pengen sih bagi2 tips buat coding yang baik dan benar, tp masalahnya, gue jg masih sering mengalami kesulitan saat coding. :))
        Mungkin teman2 yg lain, bisa berbagi tips dan trik buat coding yg benar??

    ofan said:
    June 14, 2012 at 12:56 pm

    cukup bagus
    w pngen blajar coding jg
    tpi pngetahuannya minim bngt

    Coding | Diary Panik PTIK said:
    May 28, 2014 at 7:56 am

    […] Coding Itu Menyenangkan Walaupun Rumit. :3 -.- Bagi yang pengen baca, atau mengetahui seluk beluk tentang menyenangkannya yang bagian mana, kok bisa menyenangkan, heghege, baca saja di link ini nih, Baca Artikel […]

    Ita aulia said:
    July 20, 2015 at 12:22 pm

    Coding tu macam apa si?

    novryandika said:
    August 25, 2015 at 2:18 pm

    tolong ajarin bikin kodingan dong gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s